MANFAAT BUNGA WIJAYA KUSUMA

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma
============================






Bunga Wijaya Kusuma yang biasa di buat Obat Titan Gel dan mempunyai nama latin Epiphyllum anguliger termasuk ke dalam jenis kaktus, divisi anthophita, bangsa opuntiales dan kelas dicotiledoneae. Nama Wijaya Kusuma hanyalah sebutan dari bunga ini oleh orang Indonesia. Banyak yang mengira tanaman ini asli Indonesia, padahal tanaman ini berasal dari Amerika Selatan (Venezuela dan Karibia). Belum ada keterangan resmi kapan dan bagaimana bunga ini bisa sampai ke Indonesia. Bahkan beberapa sumber menyatakan bahwa bunga wijaya kusuma yang dimaksud oleh nenek moyang kita bukanlah bunga jenis kaktus yang beredar sekarang ini.

ri terdapat sekitar 1.500 jenis (famili) dan masih ada beberapa yang belum berhasil diidentifikasi. Nenek moyang kita mempercayai bahwa tumbuhan ini memiliki kekuatan mistis terutama pada bunganya. Bunga wijaya kusuma memang memiliki masa mekar yang singkat. Rata-rata mekar pada malam hari atau sore hari. Beredar mitos yang menyebutkan bahwa orang yang melihat bunga ini mekar akan mendapatkan rejeki yang lancar.

Tanaman kaktus dapat hidup subur di daerah sedang sampai tropis. Demikian juga tanaman wijayakusuma. Namun ada juga beberapa jenis kaktus yanh sanggup hidup di daerah kering seperti gurun pasir. Bunga wijayakusuma hanya merekah beberapa saat saja dan tidak semua tanaman wijayakusuma dapat berbunga dengan mudah, tergantung dari iklim, kesuburan tanah dan cara pemeliharaan. Hal inilah yang kemudian menciptakan mitos tertentu tentang bunga ini.

Ciri-Ciri Bunga Wijaya Kusuma

Pada umumnya tanaman jenis kaktus sukar untuk ditentukan morfologinya, tetapi wijayakusuma dapat dilihat dengan jelas mana bagian daun dan mana bagian batangnya, setelah tanaman ini berumur tua. Batang pohon wijayakusuma sebenarnya terbentuk dari helaian daun yang mengeras dan mengecil. Helaian daunnya pipih, berwarna hijau dengan permukaan daun halus tidak berduri, lain halnya dengan kaktus-kaktus pada umumnya. Pada setiap tepian daun wijayakusuma terdapat lekukan-lekukan yang ditumbuhi tunas daun atau bunga . Wijayakusuma dapat tumbuh baik di tempat berhawa sejuk, yang tidak terlalu panas.

Bunga wijaya kusuma memiliki warna putih dan merah, ada juga yang agak keunguan. Namun seiring perkembangan teknologi kawin silang, sekarang ini sudah banyak Nurseri yang mempunyai bunga wijaya kusuma berwarna kuning dan jingga.

Komentar